Wednesday, January 03, 2007

Minimize The Waste

Minimize The Waste! (MTW) adalah tema kampanye The Cure For Tomorrow (TCFT) untuk menekan/mengurangi populasi sampah di lingkungan sekitar kita. Selain membuang sampah pada tempatnya (yang tercantum di poin 1 Membership Terms and Agreements), alangkah baiknya apabila kita menekan populasi sampah, mengingat pengolahan sampah di Indonesia pada saat ini belum semaju di Jepang maupun Amerika Serikat.

Kampanye ini juga disertai pembuatan substitute bag, yaitu tas pengganti tas plastik untuk berbelanja (dalam tahap proses pembuatan ketika situs ini terakhir kali di-update), penulisan artikel di beberapa majalah oleh Alanda Kariza sendiri (yang akan dimuat adalah di Majalah BukunĂ© bulan Juni 2007), ajakan verbal dan tulisan lewat blog, multiply, dan situs. MTW adalah sebuah bentuk ajakan “reduce-reuse-recycle”, tetapi TCFT bermaksud mengajak masyarakat dengan cara yang lebih spesifik, bukan hanya dengan 3 kata tersebut. Apalagi dengan mendukung kampanye MTW (ikut serta dalam menekan populasi sampah), Anda turut membantu DKI Jakarta ‘membersihkan diri’ (populasi sampah di DKI Jakarta saja pada tahun 2000 sama dengan 170 kali volume Candi Borobudur!), memberantas berbagai macam penyakit, dan menunda berlanjutnya pemanasan global.

Hal-hal kecil yang bisa kamu lakukan untuk mendukung TCFT!:
1. Bawa tas sendiri ketika berbelanja untuk mengurangi jumlah sampah plastik.
2. Biasakan membawa bekal minum dalam botol reusable supaya kamu tidak usah membeli minuman kotak/plastik di sekolah dan menambah sampah.
3. Mintalah kepada pedagang makanan di kantin untuk menyajikan makananmu di mangkuk/piring, bukan di sterofoam/plastik (anyway, kamu tahu kan kalau sterofoam mengandung zat lilin yang berbahaya bagi kesehatan?)
4. Jika membeli 1-2 novel/komik di toko buku, gak usah minta diplastikin. Tenteng aja, oke kan?
Hemat kertas dengan menggunakan kedua sisinya (bolak-balik). Tahun 2008 Indonesia masuk Guinness’ World Book of Record sebagai penghancur hutan tercepat di dunia! L
5. Jangan print hal-hal yang nggak perlu kamu print!
6. Tertarik untuk membeli tinta printer refill sekali-sekali?
7. Bikin pesta? Sediakan gelas beling sebanyak-banyaknya, bukan gelas plastik yang disposable. 8. Ajak para tamu untuk cuci-piring bareng-bareng after party…
9. Semaksimal mungkin beli produk dalam kemasan refill!
10. Bawa kemasan The Body Shop yang sudah kosong kembali ke outlet-nya, mereka menerima kemasan tersebut untuk didaur ulang!
11. Setiap beli makanan take away di McDonald’s, kan udah pakai kantong kertas warna cokelat, kayaknya gak perlu diplastikin lagi deh?
12. Retailers, stop penggunaan tas dan kemasan plastik maupun sterofoam!
13. Sebelum ngiloin majalah/koran, cek dulu, ada artikel/gambar yang bermanfaat dan masih mau dipakai untuk prakarya?
14. Hindari membeli produk dengan bungkus berlapis-lapis. Setiap kali kamu mengurangi 10% sampah saja, kamu sudah mengurangi 600 kg karbon dioksida!
15. Ketika kamu menerima flyers TCFT/The Body Shop® dan gak berminat menyimpannya, pass it to the others. Berikan informasi ini kepada orang lain!
16. Bilang kepada orangtuamu untuk seminimal mungkin menggunakan diapers dalam mengurus adik kalian, karena diapers tidak bisa didaur ulang!
17. Ayo daur ulang! Daftar ke thecurefortomorrow@yahoo.co.id dengan subjek “Daur Ulang” kalau mau ikutan TCFT belajar mendaur ulang di “Warung Dua Satu”!
18. Pilah sampah di rumah menjadi sampah organik dan anorganik. Sampah organik bisa dijadikan sampah kompos dengan menimbunnya di rumah (urug sebagian kecil halaman rumah) selama 3 hari dicampur dengan zat kimia EM4 dan menjadikannya pupuk kompos.

(itu baru 18, kalau ada saran lainnya, kirim e-mail ke
thecurefortomorrow@yahoo.co.id dengan subject “MTW List”. Thank you!)

1 comment:

aunt and niece lesbian sex stories said...

Clifford wasnt quite nine, when his father finally put his foot down. Ginger fired a warning shot, the big gun shaking the walls with theforce of its report.
interracial xxx stories
rape survivors stories
mind control erotic sex stories
femdom sissification stories
femdom mom stories strapon
Clifford wasnt quite nine, when his father finally put his foot down. Ginger fired a warning shot, the big gun shaking the walls with theforce of its report.